Pages

Kamis, 08 Oktober 2015

Pengertian Kegiatan Ekonomi ?..

Pengertian kegiatan ekonomi dan contohnya – Manusia adalah makhluk sosial dan tentunya tidak akan pernah lepas dari kegiatan ekonomi sebab kegiatan ini memang harus dilakukan manusia dalam hidupnya. Apakah kamu sudah mengetahui apa itu yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi? jika kamu belum mengetahuinya mari dipahami dan dipelajari di artikel ini.
Yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh manusia dengan tujuan untuk mendapatkan barang atau jasa tertentu, dapat juga dikatakan sebagai kegiatan untuk mencapai kesejahteraan dalam hidupnya.
Tiga macam kegiatan ekonomi
Adapun jenis dari kegiatan ekonomi dibagi kedalam 3 (tiga) macam, dan penjelasannya di bawah ini:
1. Kegiatan produksi.
Kegiatan ekonomi ini adalah sebuah kegiatan ataupun pekerjaan yang dapat menghasilkan barang atau produk dan jasa. Tujuan dari kegiatan produksi ini yaitu untuk memenuhi kebutuhan dari konsumen. Sedangkan tujuan pihak produsen sendiri yaitu untuk mencari keuntungan atau laba dari kegiatan ini. Contoh dari kegiatan produksi misalnya seperti: kegiatan membuat sepatu, kain atau pakaian, kue, motor, mobil dan lain sebagainya dengan tujuan untuk di pasarkan atau di jual. Atau seperti jasa yang menawarkan jasa sedot wc, pangkas rambut, perbaikan elektronik (servis), jasa tukang kebun dan lain sebagainya.
apa itu kegiatan ekonomi?
2. Kegiatan distribusi
Lalu kegiatan distribusi adalah sebuah pekerjaan yang bertujuan untuk menyalurkan produk atau barang maupun menyalurkan jasa kepada para konsumen yang akan membeli produk atau memakai jasa tersebut tentunya pmendistribusikannya dengan memakai cara tertentu. Yang melakukan distribusi disebut dengan distributor atau kita sering menyebutnya penyalur, dan yang melakukan distribusi ini bisanya agen dan pedagang besar. Contoh dari pekerjaan distribusi misalnya seperti: agen surat kabar, agen tenaga kerja, agen yang menjual makanan dan lain sebagainya.
3. Kegiatan konsumsi
Dan kegiatan konsumsi adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh konsumen dalam memakai atau menggunakan suatu produk dan jasa yang diproduksi oleh produsen. Tujuan konsumen dari kegiatan ini yaitu untuk memenuhi keperluan sehari-harinya atau kebutuhan hidupnya. Contoh dari keegiatan ini misalnya seperti: Kita makan di warung nasi atau warteg, membeli cemilan di warung, membeli pakaian model terbaru di toko atau pasar, membeli gadget terbaru. Atau seperti menggunakan jasa pangkas rambut, berobat ke puskesmas jika sakit, memakai jasa sedot wc, memakai jasa tukang kebun, memakai jasa servis elektronik dan lain sebagainya.
Jadi dapat disimpulkan definisi kegiatan ekonomi yaitu kegiatan yang dilakukan manusia dalam mendapatkan barang atau jasa dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Itulah artikel yang membahas tentang pengertian kegiatan ekonomi dan contohnya. Semoga artikel yang cukup singkat ini dapat kamu pahami dan semoga bermanfaat juga bagi yang telah membaca dan mempelajarinya…


Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar